-->

Mengetuk Pintu Langit Dengan 2 Rakaat Sholat Dhuha.

Sudahkah anda sholat dhuha hari ini?
Sebagai seorang muslim pasti tahu.Selain sholat wajib 5 waktu yaitu subuh,zuhur,asar,maghrib dan isya,terdapat pula beberapa solat sunah,yang bila di kerjakan akan mendapat pahala,tapi bila tidak di kerjakanpun tidak mengapa.

Tapi jika mau berfikir lebih dalam,sholat sunah merupakan sebuah ritual ibadah tambahan yang mempunyai banyak manfaat bagi yang mau menjalankannya.

Jadi alangkah lebih bagus,jika kewajiban kewajiban kita di topang lebih kuat dengan amalan sunah sehingga hubungan kita dengan Sang Pencipta[habluminallah] lebih terjaga.
Mengetuk Pintu Langit Dengan 2 Rakaat Sholat Dhuha.
pixabay
Dari sekian sholat sunah yang ada,kita akan membicarakan tentang salah satunya yaitu sholat dhuha.

Sholat dhuha adalah sholat sunah yang di lakukan di pagi hari.Adapun waktu pelaksanaannya bisa di lakukan saat matahari mulai meninggi.Untuk batas waktu sholat dhuha berakhir sebelum waktu zuhur tiba.Kalau di negara kita,kurang lebih sekitar jam 7 pagi sampai sekitar jam 11 siang.

Untuk jumlah rakaat sholat dhuha,ada perbedaan pendapat di antara ulama terdahulu.Tapi yang umum di laksanakan adalah 2 sampai 12 rakaat,dengan dua rakaat salam dua rakaat salam.

Sebagian orang merasa berat untuk melaksanakan dhuha,karena waktu yang bersamaan dengan aktifitas kerja sehari hari.Tapi jika kita membaca beberapa hadits yang menerangkan tentang keutamaan sholat dhuha,mungkin kita akan berusaha untuk merutinkan aktivitas ini.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.: "Barangsiapa mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditetapkan termasuk orang-orang yang lengah. Barangsiapa sholat empat rakaat, maka dia tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan di berikan kecukupan pada hari itu. Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh. Dan barangsiapa mengerjakan sholat dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga. Dan tidaklah satu hari dan tidak juga satu malam, melainkan Allah memiliki karunia yang di anugerahkan kepada hamba-hamba-Nya sebagai sedekah. Dan tidaklah Allah memberikan karunia kepada seseorang yang lebih baik daripada mengilhaminya untuk selalu ingat kepada-Nya"  Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani.
Hadits lain yang menerangkan tentang keutamaan sholat dhuha:
"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat."  (HR. Muslim)
Berbekal uraian hadits di atas,semoga kita semakin tergerak untuk menjadikan sholat dhuha menjadi aktivitas rutin kita sehari hari.Bertanyalah lebih jauh tentang sholat dhuha kepada guru guru ngaji kita,agar lebih mengerti detailnya,sekaligus motivasi diri untuk melaksanakannya.

Salam Ukhuwah.

0 Response to "Mengetuk Pintu Langit Dengan 2 Rakaat Sholat Dhuha."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel